Data-Data Yang Terdapat Didalam Almanak Nautika

Almanak Nautica adalah data astronomi yang dikeluarkan oleh badan antariksa Amerika Serikat setahun sekali. Dalam Almanac Nautica  ini memuat tentang daftar Declinasi, Equation of Time, waktu terbit dan tenggelamnya matahari dan bulan, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan data benda-benda langit.
almanak nautika
Untuk mendapatkan Almanac Nautica dalam bentuk buku kita harus memesan atau membeli dari TNI-AL. Hal ini dikarenakan Almanac Nautica tidak diperjual belikan secara bebas ditoko buku.



Data-data yang didapat pada Almanak nautika:
DOWNLOAD NOW 
a.       Setiap hari untuk tiap jam GMT (0 jam – 23 jam) diberikan.
b.      GHA an Zawal matahari dan Bulan (Daylight Bodies).
c.       GHA dan Zawal Venus, Mars,Jupiter,dan Saturnus (Twilight Bodies).
d.      GHA Aries (γ)
e.       SHA dan Zawal dari 172 buah Bintang (*) diberi pula nomor yang disebut SELECTED STAR pada lembar Harian.

Susunan alamanak nautika
a.    Data sesehari yang terpenting
Data sesehari yang mendasar untuk semua benda angkasa yang penting bagi navigator yang mencakup jangka waktu setiap tiga hari, diberikan pada sepasang halaman harian yang berhadapan dari Almanak. Halaman-halaman Kiri : terutama dipakai untuk tabulasi data bintang-bintang planet-planet navigasi. Benda-benda angkasa ini mempunyai arti penting terutama selama waktu senja, pagi dan sore. Halaman-halaman kanan : memberikan data sesehari untuk matahari dan bulan, bersama dengan waktu-waktu senja, matahari tertib/terbenam dan bulan terbit/terbenam. Lajur paling kiri pada setiap halaman berisi, tanggal-tanggal, hari-hari dari seminggu dan jam-jam GMT untuk ketiga hal tersebut. Perlu diingat baik-baik bahwa tanggalnya adalah tanggal di Greenwinch; ini dapat satu hari lebih cepat atau lebih lambat dari tanggal setempat di posisi sipenilik.

b.    Halaman (harian) kiri Almanak
Khususnya, halaman kiri untuk setiap set dari tiga hari, untuk tiap jam GMT memberikan :

GHA aries serta GHA dan Zawal (dec), nilai d (kor.d), daftar SHA dari tiap planet dan mer pass, susunan 57 bintang

c.    Halaman (harian) kanan Almanak
Halaman kanan, memberikan data sesehari untuk matahari dan bulan, bersama dengan waktu-waktu senja, matahari terbit/terbenam dan bulan terbit/terbenam.
Berisi ; GHA matahari dan bulan, GMT tiap jam, perata waktu, perembangan  matahari dan bulan, usia dan sosok bulan, ½ garis menengah, matahari terbit/terbenam.

d.    Daftar Interpolasi (Increment and Correction)
Untuk menentukan GHA dn zawal benda angkasa untuk saat pengamatan selain dari jam penuh GMT, diperlukan interpolasi, ialah menghitung nilai lanjutan terhadap yang terdapat di dalam tabulasi tiap jam. Dalam menentukan waktu lanjutan tersebut (dinyatakan dalam menit dan detik) terhadap jam penuh yang tercetak didalam tabel, maka kecepatan perubahan dalam GHA dan zawal dianggap sepakat. Tambahaan (increment) dan koreksi (correction) ini dicetak pada halaman berwarna di bagian belakang Almanak guna kemudahan mencarinya.

e.    Daftar-daftar tambahan lainnya
1.    Daftar pengubahan busur ke waktu (conversion of arc to time)
2.    Daftar waktu tolok (standar time) diberbagai Negara
3.    Daftar perbaikan tinggi (altitude correction table)
4.    Daftar Polaris (polestar tables)

Sekian mengenai Data-Data Yang Terdapat Didalam Almanak Nautika, Semoga bermanfaat.



Batak Punya Updated at: 10:29 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mau Berkomentar???

Berkomentarlah Yang Sopan Dan Relevan
Dilarang Nyepam Disini, Termasuk Link hidup
Dan Berkomentarlah sesui judul.
Terimakasih!