soal dan tanya jawab Kompas dan sistem kemudi

Apa yang dimaksud dengan Gyroscope : sebuah benda yang dapat beputar pada dua poros,tambahan disamping berputar pada poros perputaran nya dimana ketiga poros tersebut saling berpotongan tegak. THREE DEGREES OF FREEDOM : sebuah benda yang dapat berputar sangat cepat mengelilingi sebuah poros dan dapat berputar bebas sekeliling 3 buah arah yang berdiri tegak lurus satu sama lain dimana arah itu memotong titik berat benda tersebut Syarat syarat Gyroscope : :resultan semua gaya harus bertumpu pada titik berat garis,ke tiga poros ( axis ) harus berdiri tegak lurus satu sama lain,ketiga poros saling memotong dititik berat garis Apa yang dimaksud dengan system 2 unit : system yang berkerjanya dalam ruangan mesin kemudi yang mengoperasikan mesin kemudi secara langsung Jelaskan 3 system auto pilot : 1.pendeteksi : ada dua mode yaitu jenis yang satu mendeteksi pengantian yang mungkin di timbulkan kapal karna penempatan arah, jenis yang ke dua berupa saatu pedoman gyro 2.penyingkron ( peyelaras ) : dalam penerima sinyal yang diteksikan sudut daun kemudi yang di kehendaki harus di tentukan dan ketentuan itu di transferkan pada mekanisme pengemudian 3.steering ( pengemudian ) : sistim cara kerja nya mengunakan roda kemudi dan pengemudian melalui telemotor di sebut pilot tunggal Gaussing error adalah : kesalahan kompas ( deviasi ) yang terjadi pada kompas kapal karena kapal berputar terlalu cepat cara menetralisir gaussing error : saat pembacaan mawar compass kapal di usahakan steady terlebih dahulu Pilot tunggal adalah : system dan cara kerja menggunakan roda kemudi dan pengemudian melalui telemotor. Syarat penataan kemudi darurat menurut solas 1974 :
1.penunjukan arah sejati 2.tidak terpengaruh oleh kemagnetan kapal 3.bisa dilengkapi dengan pesawat tambahan seperti penataan kemudi otomatik dan repeater tambahan Jelaskan keuntungan dan kerugian kompas gyro dengan magnet : Keuntungan : 1.penunjukan selalu dalam arah sejati 2. keseksamaan pembacaan selalu lebih baik, menunjukan ketelitian tiap 10 3.pemasangan gyro repeater di tempat – tempat yang di perlukan, sehingga dapat meliputi seluruh cakrawala 4.bila kapal mengoleng lebih mudah melihat perubahan haluan dengan tepat 5.tidak peka terhadap ganguan luar 6.tidak terpengaruh oleh magnet kapal 7.di lengkapi dengan alat tourse recorder / auto gyro pilot’ Kerugian : 1.instalasi yang lengkap harga nya mahal 2.susunan nya rumit, suatu ganguan arus listrik yang kecil mengakibatkan penunjukan tidak dapat di percaya 3.jika terjadi kerusakan selama pelayaran sulit di perbaiki dan memerlukan seorang tenaga ahli di pelabuhan yang di singgahi kapal COURSE RECORDER : suatu alat pencatat halaun yang memberikan regestrasi haluan yang dikemudikan kapal ( secara permanent dan tepat ) Penjelasanya : regestrasi ini dapat menjadi penting misalnya dalam tubrukan dan kandas juga dilaut kita perlu sering sekali meneliti secara cermat jejak pencatat haluan guna memperoleh penyetelan optimal dari otomat pengemudian Garis layar (lubber line) adalah : garis pada ketel pedoman yang menunjukan letak garis / bidang lunas linggi (mid ship). Factor factor yang mempengaruhi sifat gyroscope: 1.Tilling ( rotasi bumi ) 2.drift ( rotasi bumi ) 3.presesi ( gaya berat ) 4.presesi sekunder ( system peredam ) cara memanfaatkan gyro scope menjadi pedoman (gyro compass ) : 1.dengan cara susunan pengunaan dimana gasing itu diberi gerakan dua tingkat kebebasan ,dengan kebebasan tingkat tiga yang terbatas 2.dengan system peredanm untuk merubah ayunan poros garis sehinga amplitudonya lambat laun akan berkurang dan akhir nya amplitude nol keuntungan dalam pengunaan pedoman gasing terhadap pedoman magnet : 1.penunjukan selalu dalam arah sejati 2. keseksamaan pembacaan selalu lebih baik, menunjukan ketelitian tiap 10 3.pemasangan gyro repeater di tempat – tempat yang di perlukan, sehingga dapat meliputi seluruh cakrawala 4.bila kapal mengoleng lebih mudah melihat perubahan haluan dengan tepat 5.tidak peka terhadap ganguan luar 6.tidak terpengaruh oleh magnet kapal 7.di lengkapi dengan alat tourse recorder / auto gyro pilot’ Hal yang dilakukan dalam pemeriksaan pedoman gasing pada setiap jaga laut : 1.cocokan penunjukan pada anak anak pedoman pada pedoman induk 2.periksalah penunuk pedoman gyro oleh azimuth benda angkasa 3.korektor lintang dan laju harus tetap ditahan pada batas batas yang ditentukan ( 3 mil ) 4.periksalah penunjukan pada berbagai voltage meter Beberapa kesalahan pada pedoman gasing : 1.kesalahan haluan dan laju 2.kesalahan peredam ( kesalahan lintang) 3.kesalahan balistik Maksud dan tujuan penimbalan sebuah magnet : 1.membuat deviasi sekecil mungkin 2.perubahan deviasi pada perubahan haluan agar terjadi perubahan deviasi secara teratur 3.sebanyak mungkin memperkuat gaya pengarah sehingga pada haluan haluan tertentu mawar menjadi sangat lamban 4.jika simpangan magnet besar maka pada waktu kapal oleh mawar akan menjadi akan tidak tenang 5.kalibarsi kurang teliti Alat penimbal yang biasa di pakai di kapal : 1.Magnet magnet tetap : magnet membujur untuk menimbal urain horizontal membujur dari magnetis kapal yang permanent,magnet melintang untuk menimbal urain horizontal melintang dari magnetis kapal yang permanent 2. batang findara : yakni batang besi lunak yang di arahkan tegak lurus di geladak pertengahan kapal untuk meninbal magnetis transient didalam besi lunak 3.korektor D : yakni masa besi lunak dalam bentuk bola dan selinder setinggi pedoman untuk menimbal bagian utama dari persimpangan kuandrantal ialah koefisien D,koefisien A dan E Bagaimana mempersiapkan kapal yang ditimbal : 1.kapal harus duduk tegak,juga pada penimbalan simpangan senget 2.kapal harus duduk dengan sarat rata rata 3.semua bagian besi harus di tempatnya, seperti keadaan sedang berlayar,kapal harus siap layak laut secara magnetis 4.kapal tidak boleh berada didekat masa besi yang besar seperti tempat dock dan tongkang Jenis magnetis kapal manakah yang tidak dapat di timbal : magnetis remanen ,dikarenakan sifat magnetisnya sementara lambat datang lambat hilang Piringan pedoman harus tenang dan peka apa maksudnya : Tenang : piringan pedoman tidak mudah di dorong dari keadaan setimbang Peka : jika piringan dibawa dari keadaan setimbang dan setelah di lepaskan , maka ia akan kembali kedudukan semula Syarat yang harus dipenuhi agar piringan pedoman magnet memiliki sifat tenang dan peka : 1.Jangan sampai waktu goyangan piringan pedoman selaras dengan waktu goyang kapal karena jika waktu goyang selaras maka kecepatan periode akan senantiasa menyebabkan goyangan piringan yang lebih besar 2.semat dan sungkup harus dalam keadaan baik 3.mawar pedoman harus ringan 4.intensitas horizontal besar 5.moment magnetis harus besar Cara megontrol ketetapan garis layar di pedoman : 1.jika pedoman diletakan pada bidang lunas linggi kapal : didirikan sebuah tonggak tepat di bidang lunas linggi pada haluan kapal lalu baringlah tongak tersebut dan pada saat yang bersamaan lihatlah penunjukan skala derajah oleh garis layar tersebut, jika penunjukan kedua tersebut sama maka garis layar sudah tepat pada kedudukan. 2.jika pada bidang lunas : tentukan kapal melintang pedoman tersebut ke lunas linggi, buat dan dirikan sebuah tongak kea rah depan pedoman dan jarak lintang yang sama baringlah tonggak dan liha skala derajah garis layer,bila penunjukan ke dua sama maka garis layar telah tepat. Cara memeriksa kepekaan sebuah piringan pedoman : 1.Putar piringan dgn sudut kecil dari keadaan setimbang ( + 300)Lepaskan,Baca 2.Putar pd arah yg berlawanan Lepaskan,Baca penunjukan Jika perbedaan antara kedua pembacaan tadi > ½0 ini berarti pedoman mempunyai cukup kepekaan keuntungan dalam pengunaan pedoman gasing terhadap pedoman magnet : 1.penunjukan selalu dalam arah sejati 2. keseksamaan pembacaan selalu lebih baik, menunjukan ketelitian tiap 10 3.pemasangan gyro repeater di tempat – tempat yang di perlukan, sehingga dapat meliputi seluruh cakrawala 4.bila kapal mengoleng lebih mudah melihat perubahan haluan dengan tepat 5.tidak peka terhadap ganguan luar 6.tidak terpengaruh oleh magnet kapal 7.di lengkapi dengan alat tourse recorder / auto gyro pilot’ Beberapa kesalahan pada pedoman gasing : 1.kesalahan haluan dan laju 2.kesalahan peredam ( kesalahan lintang) 3.kesalahan balistik kontrol/pemeriksaan pedoman gasing selama jaga laut : 1.penunjukan antara gyro reparater dan master gyro harus selalu singkron 2.penunjukan antara pedoman magnet standart dengan pedoman gyro harus selalu di control Apa yang dimaksud dengan : Inertia : hukum kelembapan menunjukan tetap di diruang angkasa Precission : apabila poros sebuah gasing berputar sangat cepat bekerja suatu kopel maka poros itu tidak bergerak kearah kopel tetapi kesuatu arah yang tegak lurus terhadapnya Tilling : senget keatas atau kebawah dalam bidang vertical Drifting : perubahan dalam bidang datar / azimut Pekerjaan yang dilakukan sebelum kapal berlayar sehubungan dengan STEERING GEAR 1.check oil hidrolic sistem 2.check emergency steering 3.tets steering port / start board 4.check repeater & master pilot 5.check indicator lamp Factor factor yang mempengaruhi sifat gyroscope: 1.Tilling ( rotasi bumi ) 2.drift ( rotasi bumi ) 3.presesi ( gaya berat ) 4.presesi sekunder ( system peredam ) Syarat syarat Gyroscope : :resultan semua gaya harus bertumpu pada titik berat garis,ke tiga poros ( axis ) harus berdiri egak lurus satu sama lain,ketiga poros saling memotong dititik berat garis Cara mengunakan auto pilot dari hand steering 1.kemudikan kapal sesuai dengan haluan yang dikehendaki 2.letakan rudder angle pada posisi nol ( mid ship ) 3.Swith on auto pilot dari manual ke auto Cara merubah haluan kapal dengan auto pilot : akan merubah haluan cukup dengan menekan tombol yang ada di tengah-tengah pedoman , sesuaikan dengan haluan yang dikehendaki, kemudian lepaskan tombol tadi maka akan otomstis kemudi akan bergeser / bergerak sendiri menuju haluan yang dikehendaki Mengapa tidak boleh menggunakan auto pilot saat cuaca buruk : karena akan merusak sistim auto pilot dari kemudi itu sendiri disebabkan tekanan ombak yang sangat besar sehinga kapal menerewang kekanan dan kekiri melebihi batas set up heading yang sudah ditentukan Keuntungan dari magnet cincin : ( Umumnya bisa diperpanjang = kemagneta nya lebih lama )dapat di buat lebih kuat, lebih peka,lebih tenang ditempatkan di dalam kotak pelampung ,dapat mengurangi deviasi pada pedoman menjadi kecil ,dapat menghilangkan / mengurangi magnet yang membujur dan melintang di kapal Tujuan dipasang jembatan kuning dipasang pada pedoman magnet cair : agar piringan pedoman tidak turun naik yang disebabkan adanya tromol yang bergaya pegas yang turun naik kalau cairan memuai / menyusut sehingga tidak terjadi penunjukan yang salah Penyabab magnet permanent : besi-besi keras Penyebab magnet remanen : besi-besi setengah keras Bagaimana mempersiapkan kapal yang ditimbal : 1.kapal harus duduk tegak,juga pada penimbalan simpangan senget 2.kapal harus duduk dengan sarat rata rata 3.semua bagian besi harus di tempatnya, seperti keadaan sedang berlayar,kapal harus siap layak laut secara magnetis 4.kapal tidak boleh berada didekat masa besi yang besar seperti tempat dock dan tongkang Alat penimbal yang biasa di pakai di kapal : 1.Magnet magnet tetap : magnet membujur untuk menimbal urain horizontal membujur dari magnetis kapal yang permanent,magnet melintang untuk menimbal urain horizontal melintang dari magnetis kapal yang permanent 2. batang findara : yakni batang besi lunak yang di arahkan tegak lurus di geladak pertengahan kapal untuk meninbal magnetis transient didalam besi lunak 3.korektor D : yakni masa besi lunak dalam bentuk bola dan selinder setinggi pedoman untuk menimbal bagian utama dari persimpangan kuandrantal ialah koefisien D,koefisien A dan E Metode menentukan deviasi dikapal : 1.dengan baringan benda jauh 2.dengan baringan timbale balik 3.denan garis merkah Pedoman gyro sangat sensitive terhadap perubahan tegangan listrk mengapa demiian : karna untuk memutar poros gasing itu harus mengunakan tegangan listrik jika tegangan listrikya turun naik maka akan terpengaruh pada poros gasing sehingga penunjukan pada gyro akan salah / keliru Tindakan apabila kapal Black out dan pedoman gyro mati : tentukan posisi kapal jika keadaan memungkinkan maka letgo jangkar,jika air dangkal tidak perlu letgo jangkar,tempatka seseorang di haluan dan buritan kapal pada malam hari cara memanfaatkan gyro scopemenjadi pedoman (gyro compass ) : 1.dengan cara susunan pengunaan dimana gasing itu diberi gerakan dua tingkat kebebasan ,dengan kebebasan tingkat tiga yang terbatas 2.dengan system peredanm untuk merubah ayunan poros garis sehinga amplitudonya lambat laun akan berkurang dan akhir nya amplitude nol terangkan pengertian dalam penataan system kemudi kapal berikut : Steering Engine : peralatan mesi kemudi yang terdapat di kar mesin Emergency Steering Engine : penataan system kemudi daruratyang letaknya di buritan dekat kemudi kapal Rudder Angle Indicator : sudut penunjukan pergerakan daun kemudi yang terdapat di anjungan. Fungsi dari : Rudder Angle Indicator : untuk mengetahui besarnya penyimpangan dari kemudi Rate of turning : waktu yang diperlukanoleh kemudi dari cikar kiri/kanan ke cikar kiri /kanan Emergency Steering Gear : latihan diatas kapal untuk mencoba/mengecek/membiasakan kesiapan peralatan dan crew yang berhubugan keadaan emergency yang membutuhkan kesiapan dan kesiagapan dalam pengoperasian emergency steering gear diatas kapal Maksud dan tujuan penimbalan sebuah magnet : 1.membuat deviasi sekecil mungkin 2.perubahan deviasi pada perubahan haluan agar terjadi perubahan deviasi secara teratur 3.sebanyak mungkin memperkuat gaya pengarah sehingga pada haluan haluan tertentu mawar menjadi sangat lamban 4.jika simpangan magnet besar maka pada waktu kapal oleh mawar akan menjadi akan tidak tenang 5.kalibarsi kurang teliti Azas penimbalan : gaya magnetis yang menyebabkan deviasi dilenyapkan olh gaya yang sama dan sejenis,tetapi bekerja dalam arah yang berlawanan,kutup permanent dikapal harus ditimbal oleh magnet permanent ,kutup trnsien di dalam besi lunak horizontal harus ditimbal pula oleh masa besi lunak yang sejenis. Kegunaan “ cincin lenja “ pada pedoman magnet : untuk membebaskan garis layar dari tegangan poros cincin lenja Bagai mana komposisi cairan pada pedoman magne cair / basah dan berapa prosentase masing masing cairan tersebut terrdiri dari campiran alcohol ( 16 % s/d 25% ) dan air sulingan ( 84 % 75 % ) Fungsi dari cairan “ ether ” ( alkohal ) pada pedoman magnet : agar pedoman dapat dipaki pada daerah yang suhunya rendah.karena campuran cairan tidak akan membeku memeriksa kepekaan piringan pedoman : putar piringan dengan sudut kecil keadaan setimbang ( +_ 360 ),lepaskan ,baca ,putar pada arah yang berlawanan .lepaskan baca pennjukan ,jika pembacaan antara kedua pembacaan tadi ,kurang dari 1/2 derajat maka pedoman punya kepekaan yang cukup. Pedoman gyro sangat sensitive terhadap perubahan tegangan listrk mengapa demikian : karna untuk memutar poros gasing itu harus mengunakan tegangan listrik jika tegangan listrikya turun naik maka akan terpengaruh pada poros gasing sehingga penunjukan pada gyro akan salah / keliru Tindakan apabila kapal Black out dan pedoman gyro mati : tentukan posisi kapal jika keadaan memungkinkan maka letgo jangkar,jika air dangkal tidak perlu letgo jangkar,tempatka seseorang di haluan dan buritan kapal pada malam hari Apa yang dimaksud dengan : Salah kolimasi : tidak berimpitnya sistim U/S batang magnet dengan U/S piringan pedoman Kesalahan garis layar : kesalahan yang ditimbulkan akibat tidak menyatunya garis layar pada kompas dengan tiang penuntun yang terdapat pada haluan Deviasi : penyimpangan penunjukan arah U/S piringan pedoman terhadap arah U/S magnet bumi Variasi : penyimpangan penunjukan arah U/S magnet bumi terhadap arah U/S sejauh ( derajat di peta ) Kegunaan “ cincin lenja “ pada pedoman magnet : untuk membebaskan garis layar dari tegangan poros cincin lenja Bagai mana komposisi cairan pada pedoman magne cair / basah dan berapa prosentase masing masing cairan tersebut terrdiri dari campiran alcohol ( 16 % s/d 25% ) dan air sulingan ( 84 % 75 % ) Fungsi dari cairan “ ether ” ( alkohal ) pada pedoman magnet : agar pedoman dapat dipakai pada daerah yang suhunya rendah.karena campuran cairan tidak akan membeku Sebutkan 2 (dua) type pengemudian otomat : Convensional dan Adaptif tuliskan urutan pemasangan kelima alat penimbal/korektor dalam proses penimbalan kompas(order of placing corrector) : Urutan-urutan pemasangannya adalah : a. korektor besi lunak: -batang flindersBola-bola b. magnet-magnet senget c. magner-magnet horizontal - korektor P (membujur) -korektor Q (melintang) Bagaimana sebuah Free Gyroscope dapat dijadikan instrumen untuk menentukan arah2 dilaut? (ingat proses perubahan bentuk edaran poros gasing dan system yg diterapkan). : Karena sebuah Free Gyroscope dapat merubah gerakan/edar ujung poros gasing dari bentuk lingkaran menjadi elips dengan penerapan gaya presesi (gerakan 3 bebas menjadi gerakan 2 bebas dan 1 terbatas dan systen Top Heavy). Tuliskan ketiga jenis magnetisme kapal, yg dibangkitkan oleh magnetisme bumi & sifatnya masing2 itu : 1. Magnetisme Permanen induksi pd : besi keras, sifat : tetap (tdk hilang), hasil gaya : gaya tidak berubah, cara penimbalan : oleh korektor P,Q dan R. 2. Magnetisme Transien induksi pd : besi lunak, sifat : sekilas (cepat datang, cepat hilang), hasil gaya : gaya berubah menurut haluan, cara penimbalan : oleh batang flinders. 3.Magnetisme Renamen induksi pd : besi ½ keras, sifat sementara (lambat datang, lambat hilang), hasil gaya : setelah perubahan Presesi adalah : suatu gerakan pada poros sebuah gasing yang berputar sangat cepat, bekerja suatu kopel, dan poros itu tidak bergerak kearah kopel tetapi ke suatu arah yang tegak lurus terhadapnya. Tilting adalah : suatu gerakan pada poros sebuah gasing berputar sangat cepat kearah equator. Drift adalah : suatu gerakan pada poros sebuah gasing berputar sangat cepat kearah kutub. Inclinasi :Sudut antara jarum yg berinclinasi dgn bidang datar Kolimasi :Timbul bilamana garis utara / selatan mata angin tdk jatuh sama dgn poros magnet pedoman Penyebab Kesalahan balistik Yaitu : Karena adanya percepatan, & percepatan terjadi karenaadanya perubahan kecepatan Cara menghilangkan kesalahan balistik : 1.Gyro digantung pd Horizontal Axis 2.Gyroscope di balance shg semua berat simetri, jika terjadi ayunan tdk akan timbul gaya centrifugal Keuntungan Gyro compas dibandingkan Pedoman Magnet zat cair ; 1.Pengarah pedoman berapa ratus-2 kali lebih besar dari pengarah pedoman magnet zat cair * Lebih peka thd gangguan dari luar * Tdk terpengaruh oleh magnet * Kemungkinan dilengkapi dgn alat tambahan ( course recorder,Auto gyro pilot) * Penunjukannya thd arah sejati * Kesamaan pembacaan lebih besar * Cocok sekali untuk kepentingan mengemudi (perubahan haluan) & menentukan deviasi Kerugian Gyro compas dibandingkan pedoman magnet zat cair : * Instalasinya yg lengkap, harga mahal * Susunannya rumit bila terjadi gangguan listrik mengakibatkan penunjukan tdk benar * Bila terjadi kerusakan sulit diperbaiki memerlukan seorang tenaga ahli Cara menghilangkan kesalahan Gaussin Error : 1. sebelum kapal berputar atau swinging harus diam dulu beberapa menit, kemudian baru berputar dan langsung membaring 2. membuat putaran kebalikan dari putaran pertama, hasil dari 1 dan 2 kemudian dibagi 2. Perbedaan antara Gaussin Error dan Retetentive Error: a) Gaussin Error terjadi pd waktu kapal sedang berputar (swinging) oleh perubahan magn.kapal yg di induksikan. (hub dg koef.A dan B) b) Retentive Error terjadi pd wkt kapal sedang mengemudikan haluan yg tetap sama dan kemudian mengubah haluan ke kiri/kanan. (Hub,dg koef.B dan C). c) Pengaruh Gaussin Error hilang pd haluan yg baru. Pengaruh Retentive Error akan hilang dlm jangka waktu tertentu (1/2 jam – 2 hari). Tujuan apakah pedoman ditempatkan diatas kapal : 1.Untuk mengetahui penunjukan dalam arah-arah sejati 2.Untuk kepentingan mengemudi 3.Untuk kepentingan membaring meliputi seluruh cakrawala 4.Untuk keseksamaan pembacaan yg lebih besar. Apagunanya azimuth mirror itu :untuk menentukan baying-bayangn objek dari baringan kita. 5 (lima) methode penentuan deviasi di kapal adalah 1. Dengan baringan benda jauh /by Bearing of a distant object 2. Dengan baringan timbal balik/by reciprocal bearing. 3. Dengan penentuan azimut benda angkasa/by azimuth of a heavenly body. 4. Dengan garis merkah/ by transits. 5. Dengan pencocokan pedoman Gyro/by Gyro-compass. Mohon di komentar apabila ada penulisan kata yang salah, atau tidak benar. tx


Batak Punya Updated at: 5:32 PM

1 komentar:

  1. gan mau tanya, kalo standart compass tidak syncronize dengan gyro compass, bagaimana cara memperbaikinya. ? terimakasih

    ReplyDelete

Mau Berkomentar???

Berkomentarlah Yang Sopan Dan Relevan
Dilarang Nyepam Disini, Termasuk Link hidup
Dan Berkomentarlah sesui judul.
Terimakasih!